Para pendiri sekolah "HOGWARTS"

Gryffindor dikatakan memiliki keberanian yang terpuji, kebulatan tekad dan kekuatan hati di atas semua kualitas. Oleh karena itu, ia memilih siswa untuk asramanya berdasarkan dari keberaniannya. Ia juga mendukung agar Hogwarts menerima penyihir kelahiran Muggle (seseorang yang tidak mempunyai kemampuan sihir).
Gryffindor ditampilkan sebagai "Penyihir Bulan ini" untuk Juli 2007
“Salah satu dari empat Pendiri Hogwarts terkenal Sekolah Sihir, Godric Gryffindor adalah dueller paling berhasil pada masanya, seorang pejuang terhadap Muggle-diskriminasi dan pemilik pertama dari Topi Seleksi."
Nama Godric merupakan bentuk dari Anglo-Saxon, dan memiliki beberapa arti, seperti, "Ia yang berkuasa dengan Tuhan" atau "Ia yang berkuasa dengan baik."
Gryffindor dan asramanya ditandakan dengan seekor Singa Emas dengan latar belakang merah. Pada awalnya ia merupakan sahabat baik Salazar Slytherin, tetapi persahabatan itu terputus, walaupun belum pernah dinyatakan, tetapi bisa jadi perbedaan pandangan terhadap penyihir kelahiran Muggle yang menjadi alasan mereka berpisah.
![]() |
PEDANG "GODRIC GRYFFINDOR" |
![]() | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOPI SELEKSI |
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\‚„ƒ////////////////////////////
Helga Hufflepuff adalah salah satu dari empat pendiri Hogwarts, dan mendirikan asrama Hufflepuff. Dia lahir dari sebuah desa yang luas. Dia merupakan orang yang loyal, jujur, fairplay, dan pekerja keras. Murid-murid yang berada di asrama Hufflepuff setidaknya menunjukkan salah satu sifat dari seorang Helga Hufflepuff. Almarhum Cedric Diggory yang merupakan salah satu kontestan Piala Triwizard, memiliki keempat sifat dari Helga.
Dia biasanya dipanggil “Good Hufflepuff” or "Sweet Hufflepuff" oleh Topi Seleksi. Sepertinya hampir tidak ada syarat besar untuk masuk ke asrama Hufflepuff, meski pernah dikatakan di tahun ke 5 pernah dinyatakan bahwa dia memilih orang yang masuk asrama Hufflepuff adalah pekerja keras. Dan juga ia pernah berkata "Pekerja keras pasti akan mendapatkan hasil dan pengakuan yang setimpal sesuai dengan kerja kerasnya. Menurut Topi Seleksi, dia juga pernah menyatakan bahwa semua ia ajari dengan hal yang sama, dengan kerja keras, kerjasama, dan kemampuan terbaik. Ini membedakan dia dari Pendiri Hogwarts lainnya, karena dirinya adalah seorang egalitarian.
Hufflepuff pernah menjadi "Wizard of the Month" saat Mei 2007
"Salah satu dari empat pendiri Hogwarts, hufflepuff terutama terkenal debgan ketangkasan di mantra-mantra yang berhubungan dengan makanan banyak resep tradisional di sajikan di pesta Hogwarts berasal dari Hufflepuff"
Dia juga telah membawa orang dari berbagai latar belakang untuk bersama membantu membangun Hogwarts, dan dicintai karena caranya yang menawan sebab penyihir terkenal sebagai corpulent wanita berambut merah.
Dia saat itu juga pernah menjadi sahabat Rowena Ravenclaw; Topi Seleksi mengatakan persahabatan mereka hancur.
salah satu barang peninggalan Hufflepuff, sebuah piala emas kecil, telah diwariskan ke keturunannya, Hepzibah Smith. "Miss Hepzibah" mengatakan piala tersebut memiliki banyak kekuatan ajaib, dan masih banyak yang belum ia coba Piala tersebut jatuh ke tangan Lord Voldemort, yang merubahnya menjadi sebuah Horcrux.
Nama Helga berasal dari bahasa Skandinavia, berarti "Mulia"
Hufflepuff dan asramanya dilambangkan oleh musang hitam di latar berwarna kuning
![]() | |||
PIALA EMAS "HUFFLEPUFF" |
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\‚„ƒ////////////////////////////
Rowena Ravenclaw adalah seorang penyihir yang memiliki kepandaian dan kreatif. Topi Seleksi menggambarkannya sebagai “Fair Ravenclaw, from glen...” memberi kemungkinan dia berasal dari Skotlandia atau Irlandia. dia teman baik Helga Hufflepuff namun persahabatan mereka hancur.
Ravenclaw merancang denah lantai yang berubah dan tangga yang bergerak di Kastil Hogwarts. Ayah Luna Lovegood, Xenophilius, menggambarkan bahwa dia "cantik".
Ravenclaw digambarkan Topi Seleksi menyeleksi murid-murid menurut kebijaksanaan dan kecerdasan. sehingga anggotanya pintar, memiliki kebijaksanaan yang tajam, kreativitas, dan kepandaian untuk kepentingan sendiri, dan dengan demikian, daripada meminta untuk mendapatkan sandi dari anggotanya untuk sampai ke asrama, sebuah pengetuk elang perunggu meminta mereka menjawab pertanyaan yang, jika menjawab salah, siswa dipaksa untuk menunggu sampai yang lain bisa menjawab pertanyaan dengan benar, memungkinkan siswa gagal untuk belajar. Ravenclaw dan dia asramanya yang dilambangkan oleh elang perunggu pada latar biru. Dalam film adaptasi, elang perunggu diubah ke gagak perak.
Akhir dalam hidupnya, Rowena, menderita penyakit yang parah, ia mengirim seseorang yang menjadi Bloody Baron di masa depan untuk menemukannya Helena Ravenclaw sehingga ia bisa melihatnya terakhir kali sebelum dia meninggal. Namun, Helena menolak untuk pergi dengan Baron, dan yang terakhir membunuh Helena karena marah, dan kemudian bunuh diri.
Kutipan terkenalnya adalah "kepintaran yang luar biasa adalah harta yang paling berharga", frase yang terukir pada peninggalannya, mahkota, dan terus-menerus dikutip oleh keluarga Lovegood.
Ravenclaw adalah salah satu "Wizard of the Month" bulan Agustus 2007"
“Salah satu dari empat Pendiri terkenal dari Sekolah Sihir Hogwarts, Rowena Ravenclaw adalah penyihir paling cemerlang waktu itu, meskipun legenda mengatakan bahwa patah hati - penyebab yang tidak diketahui - berkontribusi pada kematiannya. Kemungkinan besar ini mengacu pada hilangnya putrid kesayangan nya.
Namanya, Rowena, adalah bentuk Latin dari sebuah nama Jerman tua yang berarti "kemashuran," (bdk. Anglo-Saxon hrōd, atau hrōð), dan "kesenangan," (bdk. Anglo-Saxon Wyn (n) ), atau "Teman," (bdk. Anglo-Saxon "anggur"). Dalam beberapa catatan sejarah, Rowena adalah putri dari Hengest.
![]() |
MAHKOTA "RAVENCLAW" |
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\‚„ƒ////////////////////////////
Salazar Slytherin dijelaskan sebagai "haus kekuasaan" oleh Topi Seleksi, dan datang dari "tanah rawa". Tanah Rawa di bagian timur Inggris adalah kawasan lahan gambut di sekitar Norfolk, Lincolnshire, Cambridgeshire dan wilayah sekitarnya. Walaupun tidak disebutkan secara tepat dari mana Slytherin datang. Slytherin merupakan seorang parselmouth, ahli sihir yang mampu berbicara dengan ular. Asramanya di Hogwarts sering digambarkan dengan ular, dengan warna hijau dan perak.
Seperti Ravenclaw dan Gryffindor, Slytherin memilih dengan hati-hati pelajar yang akan memasuki asramanya. Menurut Albus Dumbledore, mutu pelajar yang disukainya adalah kepintaran, kesungguhan tekad dan keberanian untuk tidak terlalu mengindahkan peraturan, termasuk kemampuan berbicara parseltongue. Dia juga memilih pelajar yang licik, bercita-cita tinggi dan berdarah murni.
Slytherin telah terpilih sebagai "Ahli Sihir Bulanan" pada bulan Juni 2007
"Salah seorang dari empat Pendiri Hogwarts yang terkenal, Salazar Slytherin merupakan Parselmouth pertama yang dicatat, Legilimens yang ulung, dan terkenal karena kekuasaan darah murni.”
Pembaca diberitahu tentang Slytherin oleh Profesor Binns, pengajar Sejarah Sihir, Dia memjelaskan tentang pendirian sekolah dan perpecahan antara Slytherin dan pendiri yang lain. Sekolah itu didirikan jauh dari para Muggle karena ketika itu manusia biasa takut akan penyihir, dan menyiksa mereka. Dia kemudian menyatakan bahwa Slytherin berharap murid yang boleh masuk ke Hogwarts (ketika itu belum terbagi menjadi asrama; seperti yang dikatakan Topi Seleksi Slytherin menggunakan darah murni sebagai kunci pemilihan murid dari awal berdirinya Sekolah itu) — dia menginginkan pengajaran sihir hanya untuk keluarga sihir saja. Dia percaya bahwa kelahiran Muggle tidak boleh dipercayai dan dia tidak mau mengajar murid dari kalangan Muggle.
Menurut legenda kuno, Slytherin membuat sebuah Kamar Rahasia di Hogwarts yang merupakan rumah bagi makhluk ajaib Basilisk. Basilisk merupakan ular yang diyakini oleh Slytherin mampu diatur oleh keturunannya yang dapat berbicara parselmouth. Slytherin sengaja meninggalkan ular tersebut untuk membasmi semua kelahiran Muggle di sekolah sihir Hogwarts. Ini dilakukannya selepas pertengkaran antara empat pendiri sekolah terjadi dan menyebabkan Slytherin pergi dari Hogwarts. Keturunan Slytherin terakhir yang diketahui, Tom Marvolo Riddle, menemukan Kamar Rahasia tersebut dan melepaskan Basilisk yang kemudian menyebabkan kematian seorang murid (Myrtle Merana). Penemuan ruangan tersebut oleh Harry Potter membuktikan adanya Kamar Rahasia tersebut.
Slytherin memiliki sebuah locket yang dihiasi huruf "S", yang menjadi warisan peninggalan yang dimiliki keturunannya yang terakhir, Keluarga Gaunts. Locket tersebut dijual kepada Caractacus Burke oleh Merope Gaunt, kemudian dibeli oleh Hepzibah Smith, dan dicuri Voldemort. Voldemort mengubah loket tersebut menjadi Horcrux lalu menyembunyikannya ke dalam gua yang pernah disinggahinya ketika ia muda. Locket tersebut kemudian dicuri oleh Regulus Black. Regulus Black, dengan bantuan peri rumah Kreacher, mengambil locket tersebut. Kemudian Kreacher diperintahkan pulang ke rumah kediaman Black di London dan menyembunyikan locket tersebut. Locket tersebut kemudian dicuri oleh Mundungus Fletcher, hingga kemudian dijual dan jatuh ke tangan seorang penyihir Kementerian Sihir yaitu Dolores Umbridge, yang kemudian mengklaim locket tersebut sebagai warisan keluarganya.
Slytherin adalah satu-satunya pendiri sekolah sihir Hogwarts yang diceritakan bentuk fisiknya. Tugunya di dalam kamar Rahasia menunjukkan seorang lelaki "sangat tua dan rupanya seperti monyet, dengan janggut panjang tipis, hampir mencapai ujung jubah. Marvolo Gaunt dijelaskan memiliki penampilan yang serupa.
![]() |
LOCKET "SLITHERIN" |
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\‚„ƒ////////////////////////////////
Dan inilah sekolah HOGWARTS pada masa sekarang
![]() | |||||||||||
logo "Hogwarts" |
![]() |
Hogwarts castle |
"Hogwarts dikisahkan sebagai salah satu sekolah sihir terbaik dunia yang berada di Inggris. Sekolah ini berfungsi melatih anak-anak yang berumur mulai 11 hingga 18 tahun yang memiliki kemampuan sihir untuk menjadi para penyihir yang berkualitas."
Berkaitan dengan Salazar Slytherin, diceritakan bahwa Slytherin membangun sebuah kamar rahasia yang dihuni oleh monster yang hanya bisa dikendalikan oleh keturunan Slytherin (belakangan diketahui kalau monster ini adalah Basilisk, ular raksasa yang bisa membunuh hanya dengan pandangan matanya). Slytherin membangun kamar rahasia ini dengan harapan agar cita-citanya untuk menjadikan Hogwarts sebagai sekolah sihir hanya untuk mereka yang berasal dari keluarga penyihir dapat terwujud.
‚„ƒ Lokasi
Lokasi Hogwarts sangat dirahasiakan oleh dunia sihir, khususnya terhadap komunitas Muggle (komunitas non-sihir, yaitu orang-orang yang tidak memiliki kemampuan sihir). Rowling menyatakan bahwa Hogwarts terletak di daerah bergunung-gunung dan di salah satu daerah terpencil di Skotlandia, Inggris, di dekat sebuah desa bernama Hogsmeade.
Hogwarts juga dilindungi dengan banyak sihir oleh setiap kepala sekolah yang sedang menjabat untuk melindungi baik dari komunitas muggle maupun komunitas penyihir. Untuk menyembunyikan keberadaan Hogwarts dari komunitas Muggle, bangunan Hogwarts diperlihatkan sebagai rumah tua yang tidak berpenghuni. Terhadap penyihir, Hogwarts dilindungi dari "penyihir-yang-tidak-diundang". Bahkan penyihir terbaik pun tidak bisa mempergunakan ilmu "apparate" dan "disapparate" (secara sihir menghilang dari satu tempat dan langsung muncul kembali di tempat lain) untuk datang ke dan pergi dari Hogwarts. Walaupun demikian, dalam beberapa bagian dari serial ini, ada celah-celah tertentu yang tanpa sadar tidak terlindungi oleh kepala sekolah, sehingga akhirnya dapat juga dimasuki oleh pihak-pihak lawan.
Di dekat Hogwarts terdapat suatu desa yang hanya dihuni oleh komunitas sihir, Hogsmeade. Murid-murid Hogwarts dapat memperoleh izin untuk mengunjungi Hogsmeade mulai tahun ketiga mereka dengan menyertakan izin dari orang tua/wali.
Di setiap akhir tahun ajaran, murid-murid Hogwarts wajib mengikuti ujian-ujian sesuai dengan pelajaran yang diambilnya. Namun ada ujian khusus yang perlu diambil di tahun kelima dan ketujuh. Di akhir tahun kelima, mereka wajib mengambil ujian O.W.L (Ordinary Wizarding Levels). Sedangkan di akhir tahun ketujuh, mereka akan mengikuti ujian N.E.W.T (Nastily Exhausting Wizarding Tests)
‚„ƒ Asrama Hogwarts
Hogwarts memiliki 4 asrama yang diberi nama sesuai dengan keempat pendiri Hogwarts, dimana sebelum diterima di sekolah ini, para murid akan diseleksi menggunakan topi seleksi, di asrama mana mereka akan ditempatkan. Masing-masing asrama memiliki ciri masing-masing, baik dari warna maupun sifat dari anggota asrama tersebut. Asrama-asrama tersebut adalah Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw dan Slytherin.
‚„ƒ Slogan
Slogan Hogwarts adalah draco dormiens nunquam titillandus (bahasa Latin) yang secara harafiah berarti "seekor naga tidur jangan digelitiki/dipermainkan" atau di Indonesia lebih sering diterjemahkan sebagai "jangan mengganggu naga yang sedang tidur".
- Profesor Albus Dumbledore
Kepala Sekolah Sihir Hogwarts. Sebelumnya menjabat sebagai guru Transfigurasi saat Tom Marvolo Riddle (Lord Voldemort) masih bersekolah di Hogwarts. Ia memiliki seekor burung phoenix bernama Fawkes.
- Profesor Minerva McGonagall
Wakil kepala sekolah yang mengepalai Asrama Gryffindor. Guru Transfigurasi. Ia dikenal mempunyai karakter bijak, tegas, dan adil. Belakangan, ia menjadi kepala sekolah setelah Dumbledore terbunuh.
- Profesor Filius Flitwick
Guru Jimat dan Guna-guna (en: Charms, selanjutnya diterjemahkan sebagai Mantra). Perawakannya cebol--kemungkinan keturunan goblin--dan bersuara nyaring. Mengepalai Asrama Ravenclaw.
- Profesor Pomona Sprout
Guru Herbologi yang mengepalai Asrama Hufflepuff. Ia selalu berpenampilan kusut, berantakan dan pakaian yang dikenakannya biasanya terdapat noda tanah atau lumpur.
- Profesor Severus Snape
Guru ramuan yang sejak kedatangan Harry sudah membencinya seperti dulu Snape membenci ayahnya (James Potter). Ia memiliki kepercayaan penuh Dumbledore walaupun ia adalah bekas Pelahap Maut namun belakangan diketahui ia adalah agen ganda dan kemudian diketahui bahwa ia membunuh Dumbledore atas permintaan Dumbledore sendiri dan Snape dibunuh oleh Voldemort. Dulu saat ia masih menjadi murid Hogwarts, ia adalah musuh bebuyutan James Potter dan kelompoknya, tapi ia juga pernah diselamatkan oleh James Potter saat ia menyusup ke pondok menjerit untuk mengintip Lupin yang sedang bertransformasi menjadi manusia serigala.
- Profesor Binns
Guru Sejarah Sihir, satu-satunya guru berwujud hantu. Diceritakan bahwa dulunya dia meninggal ketika duduk di depan perapian dan tak pernah sadar bahwa dirinya sudah mati meskipun sudah menjadi hantu. Binns mengajar dengan cara yang monoton sehingga kebanyakan murid tertidur di kelasnya.
- Profesor Sibyll Patricia Trelawney
Guru Ramalan. Cara bicaranya dramatis dan suka sekali meramalkan kematian murid-muridnya (salah satunya adalah Harry). Dia adalah peramal yang dahulu pernah menyampaikan ramalan tentang Voldemort dan Harry kepada Dumbledore.
- Profesor Anna Vector
Guru Arithmancy.
- Profesor Sinistra
Guru Astronomi.
- Profesor Quirrell
Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam saat tahun pertama Harry. Ia adalah remaja yang canggung dan cara bicaranya terbata-bata. Ia merupakan orang yang berhasil dipengaruhi Voldemort untuk menjadi induk semangnya. Tubuhnya hancur di ruangan Batu Bertuah.
- Profesor Gilderoy Lockhart
Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam Ia adalah seseorang yang sangat sombong namun terkenal dan memiliki banyak penggemar. Buku-buku yang berisi petualangannya melawan sihir hitam semuanya adalah bohong. Ia hanya mendengar pengakuan atau cerita dari orang-orang yang melakukan hal tersebut lalu menjadikannya buku, dengan tokoh utama (yang melawan sihir hitam) adalah ia sendiri. Satu-satunya mantra yang dikuasainya dengan baik yaitu Jampi Memori.
- Profesor Remus John Lupin
Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di tahun ketiga Harry. Ia adalah seorang manusia serigala (digigit oleh manusia serigala bernama Fenrir Greyback saat masih kecil). Salah satu sahabat dekat James Potter, ayah Harry. Ia mengundurkan diri dari Hogwarts pada akhir tahun ajaran karena identitasnya sebagai manusia serigala terbongkar.
- Profesor Alastor "Mad-Eye" Moody palsu
Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam saat tahun keempat Harry. Sebenarnya adalah Barty Crouch Jr. yang menyamar dengan Ramuan Polijus. Dialah guru yang memasukkan nama Harry ke dalam Piala Api dan memberi petunjuk padanya sepanjang tugas-tugas Turnamen Triwizard.
- Profesor Dolores Jane Umbridge
Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam saat tahun kelima Harry. Merupakan karyawati Kementerian Sihir dengan jabatan Asisten Senior Menteri. Setelah masuk Hogwarts, dia diangkat oleh Menteri Sihir [Cornelius Fudge] sebagai Inkuisitor Agung Hogwarts yang berhak membuat peraturan dan dekrit, dan pada akhirnya, menjadi Kepala Sekolah Hogwarts. Perawakannya digambarkan seperti kodok besar dengan mata berkantung. Karakternya sangat jahat, lebih jahat dibandingkan dengan Snape. Pada akhirnya dia keluar dari Hogwarts karena stress(?) setelah dihadapkan dengan sekawanan centaurus.
- Profesor Horace Slughorn
Guru Ramuan pada tahun keenam Harry. Merupakan salah satu sahabat lama Dumbledore yang dulunya merupakan murid Slytherin. Meskipun begitu, sikapnya menyenangkan dan suka berpesta. Ia adalah guru yang membeda-bedakan murid yang satu dengan yang lain.. Prof. Slughorn adalah orang yang suka damai. Anak-anak yang dipandangnya memiliki kelebihan akan diundang ke pesta pribadinya dan langsung dijadikan anggota The Slug Club.
Pengurus Hogwarts yang dianggap menyebalkan oleh para murid karena menyukai segala kesempatan yang memungkinkannya menghukum mereka. Selalu berpakaian kumal dan compang-camping. Mempunyai seekor kucing bernama Mrs. Norris. Filch adalah seorang Squib (penyihir yang tidak bisa mengeluarkan kemampuan sihirnya).
Keturunan raksasa yang menjadi pemegang kunci dan pengurus halaman Hogwarts. Mempunyai kecintaan berlebihan pada hewan-hewan berbahaya. Tinggal di sebuah gubuk di depan Kastil Hogwarts dan memiliki anjing peliharaan bernama Fangs. Dia adalah orang yang menjemput Harry dari kediaman keluarga Dursley dan membawanya ke Stasiun King's Cross untuk selanjutnya pergi ke Hogwarts untuk pertama kalinya. Hagrid kemudian diangkat menjadi guru Pemeliharaan Satwa Gaib menggantikan Profesor Kettleburn. Di tahun ketiganya menjadi murid Hogwarts, ia dikeluarkan dengan tuduhan melepaskan monster Basilisk, tapi ia tetap diizinkan tinggal di Hogwarts sebagai pengawas binatang liar.
- Profesor Kettleburn
Mantan guru Pemeliharaan Satwa Gaib. - Madam Pince
Pustakawati perpustakaan Hogwarts. Galak dan amat taat pada peraturan. - Madam Poppy Pomfrey
Penyembuh (kalangan penyihir tidak mempergunakan istilah "dokter" melainkan "penyembuh" dan mengartikan istilah "dokter" sebagai "orang yang suka memotong-motong orang") di rumah sakit Hogwarts. - Madam Hooch
Guru pelajaran terbang yang khusus mengajari murid-murid terbang dengan sapu terbang di tahun pertama, juga merupakan wasit tetap pertandingan Quidditch antar-asrama di Hogwarts. - Firenze
Seekor centaurus penghuni Hutan Terlarang yang untuk sementara menggantikan Profesor Trelawney sebagai guru Ramalan.
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\‚„ƒ////////////////////////////
Dibawah ini mantra-mantra yang di pelajari oleh murid-murid Hogwarts: Alohomora
Mantra untuk membuka pintu yang terkunci
Colloportus
Mantra untuk mengunci pintu, membuat suara mendecit yang aneh
Lacarnum Inflamarae
Mantra untuk menciptakan api dari tongkat
Locomotor Mortis
Mantra untuk mengikat kaki orang yang dimantrai, membuatnya tidak mampu berjalan
Lumos
Mantra yang mengeluarkan cahaya putih berpendar pada ujung tongkat pengguna
Nox
Mantra untuk mematikan cahaya yang keluar dari ujung tongkat akibat mantra 'lumos'
Periculum
Mantra untuk meluncurkan percikan cahaya dari ujung tongkat, dan biasa digunakan sebagai signal
Petrificus totalus
Mantra untuk membuat tubuh lawan menjadi kaku tidak bergerak
Reparo
Mantra untuk memperbaiki kerusakan pada suatu benda
Wingardium Leviosa
Mantra untuk membuat benda melayang
Alarte Ascendare
Mantra untuk mementalkan benda ke udara
Aparecium
Mantra yang memperlihatkan tulisan dengan tinta tidak terlihat
Expelliarmus
Mantra untuk melucuti senjata lawan
Immobulus
Mantra untuk membekukan gerakan lawan
Rictusempra
Mantra yang menyebabkan orang untuk tertawa tidak terkontrol
Serpensortia
Mantra untuk menciptakan ular dari ujung tongkat sihir
Stupefy
Mantra yang membuat target pingsan, mantra ini mengeluarkan kilatan cahaya berwarna merah
dari tongkat
Tarantalegra
Mantra yang memaksa kaki korban untuk bergerak secara tidak terkendali, berdansa seperti orang gila
Vera Verto
Mantra transfigurasi untuk merubah binatang menjadi cangkir atau teko
ArrestoMomentum
Mantra untuk melambatkan benda
Bombarda
Mantra untuk meledakkan barang
Carpe Retractum
Mantra untuk menarik objek ke si perapal mantra
Glacius
Mantra untuk membekukan benda
Impervius
Mantra untuk menahan air
Mobili + ...
Mantra untuk mengangkat benda secara mendatar (benda yang diucapkan setelah mantra ini menggunakan bahasa latin)
Riddikulus
Mantra ini dipakai untuk menghilangkan ketakutan karena melihat boggart. Jika dipakai secara benar, boggart yang terkena mantra ini akan berubah bentuk menjadi sesuatu yang lucu seperti yang kita inginkan
Spongify
Mantra untuk melembutkan benda menjadi lembut
Waddiwasi
Mantra untuk mengeluarkan permen karet dari lubang kunci
Accio + ...
Mantra untuk memanggil benda
Ascendio
Mantra yang membuat sang perapal mantra melesat ke atas
Densaugeo
Mantra untuk membesarkan gigi
Depulso
Mantra untuk mendorong suatu objek
Diffindo
Mantra untuk merobek sesuatu
Evanesco
Mantra untuk melenyapkan benda
Finite
Mantra untuk menghentikan efek dari mantra yang sebelumnya digunakan
Finite Incantatem
Mantra untuk menghentikan efek dari banyak mantra yang sebelumnya digunakan
Furnunculus
Mantra yang menyebabkan bisul
Impedimenta
Mantra perintang
Locomotor + ...
Mantra untuk mengangkat benda secara mendatar
Orchideus
Mantra untuk mengeluarkan bunga anggrek dari ujung tongkat
Protego
Mantra pelindung
Reducto
Mantra untuk menghancurkan penghalang berupa obyek solid yang merintangi si pengguna
Relashio
Mantra untuk mengeluarkan gelembung air panas di dalam air
Anapneo
Menyingkirkan benda asing dari saluran pernapasan
Engorgio
Membesarkan benda
Expecto Patronum
Mengeluarkan patrons
Flagrate
Memunculkan garis api di udara, yang bisa digambar/ditulis menjadi bentuk apapun
Incarcerous
Mengeluarkan tali tebal untuk membelit objek
Reducio
Mengecilkan benda
Rennervate
Memulihkan efek mantra pemingsan
Scourgify
Mantra untuk membersihkan sesuatu
Silencio
Mantra untuk membuat taget terdiam
Aguamenti
Mantra untuk memunculkan air dari ujung tongkat
Levicorpus (Non-Verbal)
Mantra untuk membuat target bergelantungan terbalik di udara
Liberacorpus
Mantra untuk mengembalikan orang yang terkena mantra Levicorpus
Confundo
Mantra untuk membuat korban linglung/kebingungan
Ennevarte
Mantra untuk memulihkan korban dari mantra pemingsan
Episkey
Mantra untuk menyembuhkan/memperbaiki kerusakan pada korban
Erecto
Mantra untuk meluruskan target objek dan membuatnya berdiri
Oppugno
Mantra untuk membuat makhluk yang berada di bawah kontrol mantra menyerang target yang diinginkan pemantra
Quietus
Mantra untuk membuat volume suara kembali menjadi normal (penetral mantra Sonorus)
Sonorus
Mantra untuk memperbesar volume suara
Specialis revelio
Mantra untuk mengidentifikasi bahan-bahan dalam ramuan atau bahan tambahan yang tersembunyi dalam sebuah objek
Tergeo
Mantra untuk membersihkan objek atau seseorang
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
KEMUNCULAN BOLA DI LAPANGAN QUIDDITCH
Bola pertama yang diperkenalkan adalah Quaffle, karena saat itu pemainnya hanya ada chaser dan keeper. Kemudian muncul ide untuk mengganggu para pemain, dan keluarlah bludger. Pada awalnya bludger tidak memiliki lawan manusia dalam pertandingan quidditch, tak lama setelah itu muncullah pemain baru dalam quidditch yaitu beather. Namun jelas sekali bahwa ada yang hilang dari permainan ini. Ya, permainan ini belum memiliki golden snitch. Golden snitch pertama kali di perkenalkan oleh Bowman Wrigth. Burung Golden Snitch sebelumnya digunakan dalam permainan tapi diganti karena isu-isu kekejaman terhadap binatang.
Pelanggaran
Blagging : Tidak dapat menyita setiap bagian dari lawan sapu untuk memperlambat atau q menghambat pemain
Blatching : Pemain Tidak dapat terbang dengan maksud untuk berbenturan
Melontarkan : Tidak mungkin pemain kunci sapu menangani dengan maksud untuk mengarahkan lawan tentu saja.
Bumphing : Beater tidak boleh memukul Bludger ke arah penonton
Cobbing : Pemain tidak boleh menggunakan berlebihan siku mereka melawan musuh.
Flacking : Keepers tidak boleh membela posting dari belakang oleh meninju Quaffle dari hoops - tujuan harus dipertahankan dari depan.
Haversacking : Chaser tidak harus tetap berada dalam kontak dengan Quaffle saat melewati ring
Quaffle-pocking : Chaser tidak boleh mengutak-atik dengan Quaffle dengan cara apapun.
Snitchnip : Tidak ada pemain lain selain Seeker dapat menyentuh atau menangkap Snitch Emas
Stooging : Tidak lebih dari satu Chaser diperbolehkan di daerah scoring pada satu waktu
Selama Snitch belum tertangkap, para pemain lainnya dapat memasukan bola bola lainnya ke dalam gawang lawan sambil melakukan taktik-taktik sulit yang sudah diciptakan selama sejarah panjang permainan tersebut namun siapa saja yang berhasil mendapatkan Snitch maka permainnan telah selesai dan tim yang mendapatkan bola itu dinyatakan menang. Berbagai taktik itu diciptakan oleh para penyihir yang nekat bermain habis-habisan. Beberapa taktik itu tertulis di bawah ini:
BLUDGER BACKBEAT
(pukulan backhand bludger)
Beater memukul Bludger dengan ayunan backhand pemukulnya, hingga Bludger itu terpental ke belakang Beater, dan bukan ke depannya. Sulit menghasilkan pukulan yang tepat, namun sangat sempurna untuk mengecoh lawan.
DOPPLEBEATER DEFENCE
(pertahanan beater ganda)
Kedua Beater memukul Bludger pada saat bersamaan untuk menghasilkan kekuatan ekstra. Taktik itu menghasilkan serangan Bludger yang jauh lebih keras.
DOUBLE EIGTH LOOP
(putaran dobel delapan)
Gerakan pertahanan Keeper, biasanya digunakan menghadapi pukulan penalti. Dalam gerakan ini Keeper tiba-tiba berbelok mengitari ketiga lingkaran gawang dengan kecepatan tinggi untuk menghadang Quaffle.
HAWKSHEAD ATTACKING FORMATION
(formasi serang hawkshead)
Para Chaser membentuk formasi mata panah dan terbang bersama-sama ke arah tiang gawang. Gerakan ini sangat mengintimidasi pihak lawan dan efektif untuk memaksa pemain-pemain lain terbang menepi.
PARKIN'S PINCER
(jepit parkin)
Diberi nama menurut anggota-anggota pertama tim Wigtown Wanderers, yang dianggap telah menciptakan taktik ini. Dua Chaser mengepung seorang Chaser lawan dari arah kiri dan kanannya, sementara Chaser ketiga terbang langsung ke arah Chaser lawan tersebut.
PLUMPTON PASS
(lemparan plumpton)
Taktik Seeker: gerakan meliuk yang kelihatan asal-asalan namun menyelipkan Snitch ke dalam lengan baju. Dinamakan menurut Roderick Plumpton, Seeker Tutshill Tornado, yang menggunakan taktik ini dalam tangkapan Snitch-nya yang terkenal dan memecahkan rekor pada tahun 1921. Walaupun beberapa kritik telah menyatakan bahwa kejadian ini tidak disengaja, Plumpton sampai mati bertahan mengatakan bahwa dia memang bermaksud melakukan hal ini.
PORSKOFF PLOY
(taktik porskoff)
Chaser membawa Quaffle terbang ke atas hingga Chaser lawan mengira dia mencoba melewati mereka untuk mencetak gol, namun tiba-tiba dia melempar Quaffle ke bawah, kepada teman Chaser-nya yang menunggu menangkapnya. Pemilihan waktu yang tepat merupakan faktor paling penting. Taktik ini dinamakan menurut Chaser Rusia, Petrova Porskoff.
RESERVE PASS
(lemparan balik)
Seorang Chaser melempar Quaffle ke belakang, melewati bahunya, ke anggota timnya. Keakuratan sulit dicapai.
SLOTH GRIP ROLL
(bergantung ala kungkang)
Bergantungan pada gagang sapu dengan kepala di bawah, sambil berpegangan erat-erat dengan kaki dan tangan untuk menghindari Bludger.
STARFISH AND STICK
(bintang laut dan gagang sapu)
Taktik pertahanan Keeper; Keeper memegang sapu secara horisontal dengan satu tangan dan satu kaki disangkutjan di gagangnya, sementara tangan dan kaki lain dijulurkan lurus-lurus. Bintang Laut tanpa gagang sapu sama sekali tidak boleh dilakukan.
TRANSYLVANIAN TACKLE
(taktik gasak transylvania)
Pertama kali dilakukan di Piala Dunia tahun 1473. Taktik ini merupakan tonjokan pura-pura yang ditujukkan ke hidung. Selama kontak tidak terjadi, taktik ini tidak melanggar peraturan.
WOOLONGONG SHIMMY
(kecohan woollongong)
Disempurnakan oleh Woollongong Warriors yang berasal dari Australia. Ini adalah gerakan zig-zag berkecepatan tinggi yang bermaksud melepaskan diri dari Chaser lawan.
WRONS KIFEINT
(gerak tipu wronski)
Seeker meluncur cepat menuju permukaan tanah, berpura-pura melihat Snitch jauh di bawah, tapi kemudian berhenti menukik, tepat sebelum menyentuh tanah. Taktik ini bertujuan untuk membuat Seeker lawan mengikutinya dan akhirnya menghantam tanah. Dinamakan menurut Seeker Polandia, Josef Wronski.
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
![]() |
tongkat sihir holly dengan inti bulu phoenix |
Untuk memperaktekan mantra-mantra di atas tentunya seorang penyihir harus mempunyai tongkat sihir, tongkat sihir itu dipergunakan untuk menyihir suatu benda dengan mantra-mantra yang di pelajari selama bersekolah di Hogwarts
Tongkat sihir yaitu sebuah alat yang digunakan oleh para penyihir untuk menyalurkan kekuatan magis. Kebanyakan mantra dilakukan dengan bantuan tongkat. Adalah mungkin untuk melakukan sihir tanpa tongkat sihir, tapi sangat sulit dan membutuhkan lebih banyak konsentrasi dan keterampilan. Hanya maju penyihir dapat melakukan mantra tanpa menggunakan tongkat. Wands adalah "quasi-mahluk", dan sebagai dekat dengan menghidupkan sebagai objek bisa mendapatkan karena mereka dijiwai dengan banyak sihir. Meskipun tongkat core dapat berasal dari makhluk yang sama, atau kayu dapat berasal dari pohon yang sama, tidak ada dua tongkat yang ada yang persis sama.
Wandlore adalah sihir kelas khusus yang mengacu pada sejarah dan sifat-sifat magis tongkat sihir. Mr Ollivander (ahli tongkat sekaligus penjual tongkat sihir) mengklaim bahwa itu adalah sebuah "kompleks dan misterius cabang sihir." Seperti yang disebutkan di bawah ini, ide bahwa tongkat sihir para penyihir memilih adalah bagian dari wandlore, sebagaimana gagasan bahwa tongkat dapat beralih pemilik.
Umumnya, tongkat panjang, batang kayu tipis dengan zat ajaib tertanam ke inti mereka. Beberapa hutan digunakan termasuk holly, thorn, oak, pohon anggur, rosewood, semak berduri, willow, abu, mahoni, cemara, dan kakak. Inti yang telah didokumentasikan adalah bulu Phoenix, Naga heartstring, rambut Veela, rambut Unicorn, dan rambut Thestral. Wandmaker Ollivander yang menyebutkan bahwa ia tidak menggunakan rambut Veela, karena dibuat untuk 'temperamental' tongkat. Ada kemungkinan bahwa zat-zat ajaib lainnya dapat digunakan untuk core, tetapi tidak ada yang belum ditentukan. Karakteristik penting lainnya adalah tongkat panjangnya dan kekakuan, mulai dari 'pantang menyerah' ke 'kenyal'. Faktor-faktor ini mempunyai efek pada keseluruhan menggunakan tongkat, namun saat ini tidak diketahui apa yang sebenarnya mereka lakukan. Karakteristik tongkat juga tampaknya memiliki pengaruh terhadap jenis-jenis tongkat sihir. Yang pasti proses pembuatan tongkat sihir tidak diketahui. Mungkin, tapi itu adalah sebagai sulit dan rumit seperti wandlore sendiri. Dalam hampir semua kasus yang terdokumentasi, tongkat yang memilih penyihir. Hal ini disebabkan oleh sifat unik setiap tongkat, yang harus sesuai dengan karakter dari si penyihir tersebut, karena sang penyihir mungkin tidak dapat melakukan sihir jika dan karakter tongkatnya bermasalah, atau mungkin keajaiban sub-par untuk sihir dilakukan dengan tongkat sihir penyihir sendiri.Ketika mencoba tongkat yang berbeda, seorang calon penyihir dapat menyebabkan beberapa kerusakan ketika ia bertemu dengan tongkat sihir yang tidak cocok dengan dia. Sayangnya adalah satu-satunya cara untuk mencari suatu tongkat yang cocok dengan penyihir yaitu tongkat sihir itu sendiri yang akan memilih pemiliknya.
Wandlore adalah sihir kelas khusus yang mengacu pada sejarah dan sifat-sifat magis tongkat sihir. Mr Ollivander (ahli tongkat sekaligus penjual tongkat sihir) mengklaim bahwa itu adalah sebuah "kompleks dan misterius cabang sihir." Seperti yang disebutkan di bawah ini, ide bahwa tongkat sihir para penyihir memilih adalah bagian dari wandlore, sebagaimana gagasan bahwa tongkat dapat beralih pemilik.
Umumnya, tongkat panjang, batang kayu tipis dengan zat ajaib tertanam ke inti mereka. Beberapa hutan digunakan termasuk holly, thorn, oak, pohon anggur, rosewood, semak berduri, willow, abu, mahoni, cemara, dan kakak. Inti yang telah didokumentasikan adalah bulu Phoenix, Naga heartstring, rambut Veela, rambut Unicorn, dan rambut Thestral. Wandmaker Ollivander yang menyebutkan bahwa ia tidak menggunakan rambut Veela, karena dibuat untuk 'temperamental' tongkat. Ada kemungkinan bahwa zat-zat ajaib lainnya dapat digunakan untuk core, tetapi tidak ada yang belum ditentukan. Karakteristik penting lainnya adalah tongkat panjangnya dan kekakuan, mulai dari 'pantang menyerah' ke 'kenyal'. Faktor-faktor ini mempunyai efek pada keseluruhan menggunakan tongkat, namun saat ini tidak diketahui apa yang sebenarnya mereka lakukan. Karakteristik tongkat juga tampaknya memiliki pengaruh terhadap jenis-jenis tongkat sihir. Yang pasti proses pembuatan tongkat sihir tidak diketahui. Mungkin, tapi itu adalah sebagai sulit dan rumit seperti wandlore sendiri. Dalam hampir semua kasus yang terdokumentasi, tongkat yang memilih penyihir. Hal ini disebabkan oleh sifat unik setiap tongkat, yang harus sesuai dengan karakter dari si penyihir tersebut, karena sang penyihir mungkin tidak dapat melakukan sihir jika dan karakter tongkatnya bermasalah, atau mungkin keajaiban sub-par untuk sihir dilakukan dengan tongkat sihir penyihir sendiri.Ketika mencoba tongkat yang berbeda, seorang calon penyihir dapat menyebabkan beberapa kerusakan ketika ia bertemu dengan tongkat sihir yang tidak cocok dengan dia. Sayangnya adalah satu-satunya cara untuk mencari suatu tongkat yang cocok dengan penyihir yaitu tongkat sihir itu sendiri yang akan memilih pemiliknya.
Ada banyak pembuat tongkat sihir, tetapi yang paling dikenal, dan paling berpengalaman di Britania adalah Ollivander's. Pendirian yang wandmaking telah membuat tongkat sihir sejak tahun 382 SM dan terletak di Diagon Alley.
- 24 Desember - 20 Januari : birch
- 21 Januari - 17 Februari : rowan
- 18 Februari - 17 Maret : ash
- 18 Maret - 14 April : alder
- 15 April - 12 Mei : willow
- 13 Mei - 9 Juni : hawthorn
- 10 Juni - 7 Juli : oak
- 8 Juli - 4 Agustus : holly
- 5 Agustus - 1 September : hazel
- 2 September - 29 September : vine
- 30 September - 20 Oktober : ivy
- 28 Oktober - 24 November : reeds
- 11 November - 23 Desember : elder
Tongkat sihir lain yang tidak berdasarkan kalender Celtic misalnya : yew (Lord Voldemort), mahogany, walnut, cherry, dan elm
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
![]() |
sapu terbang fierebolt |
Dan yang ke dua yaitu sapu terbang, sapu terbang ini di pelajari oleh murid-murid Hogwarts sebagai kendaraan mereka di dunia sihir dan juga sebagai alat pertandingan Quidditch atas bimbingan Madam Hooch dan ia juga sebagai wasit tetap pertandingan Quidditch, untuk memilih sapu terbang ini tidak sesulit memilih tongkat sihir sebab ini di sesuaika oleh keinginan penyihir untuk memilih sapu terbang itu sendiri.
Berikut Nama-Nama Sapu Terbang yang menjadi pilihan murid-murid Hogwatrs:
No. | Nama sapu terbang | Pembuat | Produsen | Tahun rilis | Keterangan |
1 | Oakshaft 79 | Elias Grimstone | perorangan | 1879 | Dilengkapi mantra berbantalan tak terlihat sehingga lebih nyaman. Gagang dari kayu ek. Sulit berbelok pada kecepatan tinggi. Didesain untuk penerbangan jarak jauh. |
2 | Moontrimmer | Gladys Boothby | perorangan | 1901 | Bergagang ramping terbuat dari kayu ash. Dapat mencapai ketinggian dan tetap terkendali. |
3 | Silver Arrow | Leonard Jewkes | perorangan | - | Lebih tinggi dan cepat dari Oakshaft maupun Moontrimmer. Merupakan pelopor sapu balap. |
4 | Cleansweep Satu | Bob, Bill, dan Barnaby Ollerton | Cleansweep | 1926 | Didesain khusus untuk keperluan olahraga. Merupakan sapu terbang pertama yang diproduksi besar-besaran. |
5 | Comet 140 | Randolph Keitch dan Basil Harton | Comet Trading | 1929 | Dilengkapi mantra rem Horton-Keitch yang telah dipatenkan. |
6 | Cleansweep Dua | - | Cleansweep | 1934 | |
7 | Cleansweep Tiga | - | Cleansweep | 1937 | |
8 | Comet 180 | - | Comet Trading | 1938 | |
9 | Tinderblast | Ellerby dan Spudmore | Black Forest | 1940 | Sapu berpegas tinggi |
10 | Swiftstick | Ellerby dan Spudmore | Black Forest | 1952 | Lebih cepat dari Tinderblast tapi kehilangan kekuatan ketika terbang menanjak. |
11 | Shooting Star | - | Universal Bloom Ltd. | 1955 | Sapu balap paling murah namun kehilangan kecepatan dan ketinggian seiring dengan bertambahnya usia. |
12 | Nimbus 1000 | - | Nimbus | 1967 | Kecepatan hingga 160 km/jam dan bisa berbalik 360 derajat pada titik yang tetap di udara. |
13 | Nimbus 1001 | - | Nimbus | - | |
14 | Nimbus 1500 | - | Nimbus | - | |
15 | Nimbus 1700 | - | Nimbus | - | |
16 | Nimbus 2000 | - | Nimbus | Kira-kira tahun 1991 | |
17 | Nimbus 2001 | - | Nimbus | Kira-kira tahun 1992 | Lebih cepat dari Nimbus 2000 |
18 | Twigger 90 | Flyte dan Barker | - | 1990 | Dilengkapi siulan peringatan dan ranting sapu lurus sendiri. Namun suka berbelok-belok pada kecepatan tinggi. |
19 | Firebolt | - | - | Kira-kira pada tahun 1993 | Kecepatan hingga 150 mil/jam |
![]() |
lapangan quidditch |
QUIDDITCH
Olah raga yang di gemari di Hogwarts adalah Quidditch, olahraga ini mengandalkan ketangkasan, kecepatan, kerjasama dalam team, lapangan Quidditch berbentuk oval dengan panjang 500 kaki(150m) dan lebar 180 kaki (55m) dan dengan lingkaran di tengah lapangannya dengan diameter 2 kaki (0,67m) di setiap sisi terdapat tiga gawang dengan ketinggian yang berbeda.
Bola pertama yang diperkenalkan adalah Quaffle, karena saat itu pemainnya hanya ada chaser dan keeper. Kemudian muncul ide untuk mengganggu para pemain, dan keluarlah bludger. Pada awalnya bludger tidak memiliki lawan manusia dalam pertandingan quidditch, tak lama setelah itu muncullah pemain baru dalam quidditch yaitu beather. Namun jelas sekali bahwa ada yang hilang dari permainan ini. Ya, permainan ini belum memiliki golden snitch. Golden snitch pertama kali di perkenalkan oleh Bowman Wrigth. Burung Golden Snitch sebelumnya digunakan dalam permainan tapi diganti karena isu-isu kekejaman terhadap binatang.
Pelanggaran
Blagging : Tidak dapat menyita setiap bagian dari lawan sapu untuk memperlambat atau q menghambat pemain
Blatching : Pemain Tidak dapat terbang dengan maksud untuk berbenturan
Melontarkan : Tidak mungkin pemain kunci sapu menangani dengan maksud untuk mengarahkan lawan tentu saja.
Bumphing : Beater tidak boleh memukul Bludger ke arah penonton
Cobbing : Pemain tidak boleh menggunakan berlebihan siku mereka melawan musuh.
Flacking : Keepers tidak boleh membela posting dari belakang oleh meninju Quaffle dari hoops - tujuan harus dipertahankan dari depan.
Haversacking : Chaser tidak harus tetap berada dalam kontak dengan Quaffle saat melewati ring
Quaffle-pocking : Chaser tidak boleh mengutak-atik dengan Quaffle dengan cara apapun.
Snitchnip : Tidak ada pemain lain selain Seeker dapat menyentuh atau menangkap Snitch Emas
Stooging : Tidak lebih dari satu Chaser diperbolehkan di daerah scoring pada satu waktu
Ada tujuh pemain dalam permainan ini yaitu:
Keeper
Keeper bertugas menjaga 3 gawang yang berbentuk lingkaran di ujung tiang berukuran 15 m.
Dua beater
Beater bertugas menjaga para pemain dalam tim masing-masing dari bludger dengan memukulnya. Terkadang beater juga memukul bludger ke arah pemain di tim lawannya sehingga pemain di tim lawannya itu terjatuh dari sapu.
Tiga chaser
Chaser bertugas mencetak gol bagi tim masing-masing. Setiap seorang chaser berhasil memasukkan quaffle ke dalam lingkaran di ujung tiang yang dijaga keeper lawan, akan diberikan 10 poin bagi timnya masing-masing.
Seeker
Seeker bertugas mencari Golden Snitch. Bila salah satu seeker berhasil menangkap snitch, maka tim dari seeker yang berhasil mendapatkan snitch itu akan mendapatkan 150 poin. Dan saat itu juga permainan dianggap selesai. Permainan tidak akan selesai hingga salah seorang seeker mendapatkan atau berhasil menangkap snitch.
Bola dalam Quidditch
![]() |
bola quidditch |
Ada tiga bola yang digunakan dalam permainan ini yaitu:
Bludger
Bludger adalah bola berwarna hitam legam dari metal yang sudah disihir untuk menjatuhkan para pemain dari sapunya.
Golden Snitch
Golden Snitch atau biasa disebut Snitch saja adalah bola emas bersayap yang dapat terbang dengan kecepatan super tinggi dan dapat berputar 360 derajat. Bowman Wright dari Godric's Hollow adalah orang pertama yang menciptakan Golden Snitch, untuk menggantikan burung Golden Snidget, seekor makhluk ajaib yang menyerupai burung. Burung Golden Snitch sebelumnya digunakan dalam permainan tapi diganti karena isu-isu kekejaman terhadap binatang.
“Golden Snidget adalah sejenis burung luar biasa langka yang dilindungi.Tubuh bulat penuh, berparuh tipis dan sangat panjang, dan memiliki mata merah yang berkilau bak permata, Golden Snidget sanggup terbang luar biasa cepat dan mengubah arah dengan kecepatan kemampuan yang hebat, berkat adanya tulang sendi putar pada sayapnya. Bulu dan mata Golden Snidget harganya sangat mahal dan dulu makhluk ini pernah nyaris punah karena diburu para penyihir. Untunglah bahaya kepunahan ini diketahui tepat pada waktunya, dan spesies ini pun segera dilindungi. Faktor paling penting yang mencegah kepunahan itu adalah digunakannya Golden Snitch sebagai pengganti Snidget dalam olahraga sihir Quidditch. Cagar alam Snidget terdapat di seluruh dunia.”
Quaffle
Quaffle adalah bola biasa berwarna merah, yang tidak diberi mantra apapun seperti bola lainnya dalam Quidditch. Satu-satunya mantra yang diberikan pada Quaffle adalah Mantra Genggam yang ditemukan oleh Pennifold, yang gunanya supaya pemain dapat mengenggam Quaffle dengan satu tangan tanpa terjatuh.
Cara bermain Quidditch
BLUDGER BACKBEAT
(pukulan backhand bludger)
Beater memukul Bludger dengan ayunan backhand pemukulnya, hingga Bludger itu terpental ke belakang Beater, dan bukan ke depannya. Sulit menghasilkan pukulan yang tepat, namun sangat sempurna untuk mengecoh lawan.
DOPPLEBEATER DEFENCE
(pertahanan beater ganda)
Kedua Beater memukul Bludger pada saat bersamaan untuk menghasilkan kekuatan ekstra. Taktik itu menghasilkan serangan Bludger yang jauh lebih keras.
DOUBLE EIGTH LOOP
(putaran dobel delapan)
Gerakan pertahanan Keeper, biasanya digunakan menghadapi pukulan penalti. Dalam gerakan ini Keeper tiba-tiba berbelok mengitari ketiga lingkaran gawang dengan kecepatan tinggi untuk menghadang Quaffle.
HAWKSHEAD ATTACKING FORMATION
(formasi serang hawkshead)
Para Chaser membentuk formasi mata panah dan terbang bersama-sama ke arah tiang gawang. Gerakan ini sangat mengintimidasi pihak lawan dan efektif untuk memaksa pemain-pemain lain terbang menepi.
PARKIN'S PINCER
(jepit parkin)
Diberi nama menurut anggota-anggota pertama tim Wigtown Wanderers, yang dianggap telah menciptakan taktik ini. Dua Chaser mengepung seorang Chaser lawan dari arah kiri dan kanannya, sementara Chaser ketiga terbang langsung ke arah Chaser lawan tersebut.
PLUMPTON PASS
(lemparan plumpton)
Taktik Seeker: gerakan meliuk yang kelihatan asal-asalan namun menyelipkan Snitch ke dalam lengan baju. Dinamakan menurut Roderick Plumpton, Seeker Tutshill Tornado, yang menggunakan taktik ini dalam tangkapan Snitch-nya yang terkenal dan memecahkan rekor pada tahun 1921. Walaupun beberapa kritik telah menyatakan bahwa kejadian ini tidak disengaja, Plumpton sampai mati bertahan mengatakan bahwa dia memang bermaksud melakukan hal ini.
PORSKOFF PLOY
(taktik porskoff)
Chaser membawa Quaffle terbang ke atas hingga Chaser lawan mengira dia mencoba melewati mereka untuk mencetak gol, namun tiba-tiba dia melempar Quaffle ke bawah, kepada teman Chaser-nya yang menunggu menangkapnya. Pemilihan waktu yang tepat merupakan faktor paling penting. Taktik ini dinamakan menurut Chaser Rusia, Petrova Porskoff.
RESERVE PASS
(lemparan balik)
Seorang Chaser melempar Quaffle ke belakang, melewati bahunya, ke anggota timnya. Keakuratan sulit dicapai.
SLOTH GRIP ROLL
(bergantung ala kungkang)
Bergantungan pada gagang sapu dengan kepala di bawah, sambil berpegangan erat-erat dengan kaki dan tangan untuk menghindari Bludger.
STARFISH AND STICK
(bintang laut dan gagang sapu)
Taktik pertahanan Keeper; Keeper memegang sapu secara horisontal dengan satu tangan dan satu kaki disangkutjan di gagangnya, sementara tangan dan kaki lain dijulurkan lurus-lurus. Bintang Laut tanpa gagang sapu sama sekali tidak boleh dilakukan.
TRANSYLVANIAN TACKLE
(taktik gasak transylvania)
Pertama kali dilakukan di Piala Dunia tahun 1473. Taktik ini merupakan tonjokan pura-pura yang ditujukkan ke hidung. Selama kontak tidak terjadi, taktik ini tidak melanggar peraturan.
WOOLONGONG SHIMMY
(kecohan woollongong)
Disempurnakan oleh Woollongong Warriors yang berasal dari Australia. Ini adalah gerakan zig-zag berkecepatan tinggi yang bermaksud melepaskan diri dari Chaser lawan.
WRONS KIFEINT
(gerak tipu wronski)
Seeker meluncur cepat menuju permukaan tanah, berpura-pura melihat Snitch jauh di bawah, tapi kemudian berhenti menukik, tepat sebelum menyentuh tanah. Taktik ini bertujuan untuk membuat Seeker lawan mengikutinya dan akhirnya menghantam tanah. Dinamakan menurut Seeker Polandia, Josef Wronski.
Musim Quidditch di Hogwarts dimulai pada bulan Oktober, dengan permainan pertama awal bulan November.Madam Hooch adalah ahli Quidditch. The Bludger, Quaffle, dan Snitch disimpan dengan aman di kantornya antara permainan dan ia bertindak sebagai wasit untuk pertandingan.
Tim praktik dijadwalkan oleh kapten individu menurut buku panduan atau peraturan praktek tim berlatih hampir setiap hari, setelah sekolah atau di malam hari. Latihan dihadiri oleh hampir semua orang di sekolah. Sampai dia meninggalkan sekolah, komentar itu diberikan oleh Lee Jordan, anak Gryffindor yang kadang-kadang sulit untuk tetap objektif ketika Gryffindor sedang bermain. Berdiri mengangkat dapat menyimpan ratusan penggemar, dan akan tampak bahwa pertandingan kadang-kadang diikuti oleh penggemar Quidditch dari daerah sekitarnya juga. Setelah Lee kiri, komentar yang diberikan oleh Zacharias Smith dan Luna Lovegood. Tim yang menumpuk poin terbanyak sepanjang tahun sekolah diberikan Piala Quidditch, suatu kehormatan besar. penghargaan khusus diberikan kepada pemain terbaik jugaSetiap tahun, berbagai Gedung tim bermain satu sama lain sekali , Hal ini menghasilkan enam permainan Quidditch:
· Gryffindor vs Slytherin
Pertandingan pertama tahun ini, biasanya diselenggarakan pada bulan November tapi pindah ke akhir musim di PA (lihat di bawah).
· Hufflepuff vs Ravenclaw
Diadakan di akhir November
· Ravenclaw vs Slytherin
Januari
· Gryffindor vs Hufflepuff
Biasanya diadakan lama setelah St Hari Valentine
· Hufflepuff vs Slytherin
Awal Mei
· Gryffindor vs Ravenclaw
Pertandingan diadakan pada akhir Mei, biasanya sebelum ujian akhir
Pada jadwal normal yang ditunjukkan di atas, permainan yang dikelompokkan menjadi tiga pasang, yang masing-masing pasangan tersebut untuk permainan, semua empat tim bermain, dengan tidak ada tim bermain dua pertandingan back-to-back tanpa istirahat. Istirahat Natal pertama Hufflepuff jatuh antara dua pertandingan, dan Paskah jatuh antara istirahat dua terakhir Slytherin.
Pada jadwal normal yang ditunjukkan di atas, permainan yang dikelompokkan menjadi tiga pasang, yang masing-masing pasangan tersebut untuk permainan, semua empat tim bermain, dengan tidak ada tim bermain dua pertandingan back-to-back tanpa istirahat. Istirahat Natal pertama Hufflepuff jatuh antara dua pertandingan, dan Paskah jatuh antara istirahat dua terakhir Slytherin.
Tim Quidditch Profesional
- Appleby Arrows
- Ballycastle Bats
- Caerphilly Catapults
- Chudley Cannons
- Falmouth Falcons
- Holyhead Harpies
- Kenmare Kestrels
- Montrose Magpies
- Pride of Portree
- Puddlemere United
- Tutshill Tornados
- Wigtown Wanderers
- Wimbourne Wasps (Ludovic Bagman: Beater)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar